Saturday, 16 July 2016

Psikologi Perkembangan : Prinsip Dan Metode Dalam Psikologi Perkembangan

Prinsip Dan Metode Dalam Psikologi Perkembangan

PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
1.      Perkembangan ≠ Pertumbuhan
2.      Pertumbuhan : perubahan yang menyangkut segi kuantitatif.

Contoh : peningkatan dalam ukuran struktur fisik, disini terjadi perubahan menjadi besar, sehingga ukuran berubah; tidak hanya menyangkut segi fisik yang nampak saja ttp juga organ-organ di dlm dirinya. Keadaan perubahan ini biasanya dapat diukur

3.      Perkembangan : perubahan yang menyangkut segi kuantitatif dan kualitatif.
prinsip dan metode dalam psikologi perkembangan
sumber : google.com




4.      Perkembangan : perubahan yang bersifat progresif, teratur dan berkesinambungan serta akumulatif.

Prinsip – prinsip Perkembangan
1. Perkembangan merupakan hasil interaksi antara maturasi dan belajar
       Maturasi : ditujukan kepada kesiapan yang dimiliki anak dan diperoleh dari dalam dirinya.
      Belajar : ditujukan kepada aktifitas yang berasal dari latihan dan usaha. Belajar diperoleh dari luar diri, berhubungan dengan lingkungan dimana ia berada

        Beberapa bentuk belajar :
  1. Imitasi : belajar dengan meniru tingkah laku org lain secara sadar.
  2. Identifikasi : belajar dengan mengambil sikap, nilai, tingkah laku dari orang yang dikagumi/ disenangi / dikasihi secara mendalam.
  3. Latihan, belajar melalui pengulangan-pengulangan, disini ada suatu aktivitas yg terseleksi, terarah dan bertujuan.
  4. Trial dan error, belajar dengan mencoba-cobakan berbagai strategi.
2.   Pola-pola perkembangan, bersifat umum dan khusus.
            bersifat umum : adanya dasar-dasar, pola-pola yg berlaku umum sesuai dgn jenisnya.
            bersifat khusus :berlaku krn adanya perbedaan individu.

    Dalam pola-pola perkembangan ini terdapat beberapa karakteristik :
a. Pola perkembangan mempunyai persamaan dan dapat diramalkan : setiap makhluk hidup akan mengikuti suatu pola tertentu sesuai dengan jenisnya, misalnya : perkembangan fisik.

Ada 2 hukum dalam perkembangan fisik yaitu :
1.      Hukum Cephalocaudal : perkembangan yang dimulai dari arah kepala ke arah  kaki.
2.      Hukum Proximadistal : perkembangan yang dimulai dari tengah kearah samping.

b. Perkembangan terjadi dari umum ke khusus
            contoh : reaksi takut

c. Perkembangan berjalan secara kontinu dan diskontinu.

3.  Ada perbedaan individual dalam perkembangan
            Penyebab perbedaan karena adanya interaksi antara faktor dalam diri individu (potensi) dan faktor luar diri individu ( misalnya lingkungan rumah dan lingkungan tempat tinggal menyebabkan perbedaan dalam pola asuhan, suasana rumah dan lingkungan tempat tinggal mempengaruhi cara belajar / pengalaman anak)

4.  Ada periode-periode dalam pola perkembangan
            Menurut Hurlock perkembangan manusia terbagi atas :
          Periode Prenatal
          Periode neonate
          Periode Bayi
          Periode Anak Awal
          Periode Anak Akhir
          Periode Remaja Awal
          Periode Remaja Akhir
          Periode Dewasa Awal
          Periode Dewasa Madya
          Periode Dewasa Akhir

5. Ada tugas-tugas perkembangan pada setiap periode perkembangan.
Tugas perkembangan : tugas-tugas yang harus dipenuhi oleh individu dalam suatu periode perkembangan tertentu. Biasanya tugas-tugas tersebut merupakan kecakapan-kecakapan dan pola-pola tingkah laku tertentu yang merupakan harapan dari suatu masyarakat dalam kebudayaan tertentu.
Tujuan memahami / mengenal tugas perkembangan;
1.      Sebagai petunjuk bagi orang tua atau pendidik lainnya dalam membimbing anak didiknya.
2.      Bagi diri individu sendiri, sebagai penuntun / petunjuk untuk mengetahui apa  yang harus dilakukan pada periode-periode   tertentu.
METODE PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
Terdapat 2 strategi penelitian yang digunakan dalam psikologi perkembangan
a.       Cross-sectional : menggunakan beberapa kelompok usia berbeda dalam satu saat tertentu
            Keuntungan :
            1. sampel banyak
            2. Biaya lebih murah
            3. Waktu singkat
            4. Menggambarkan karakteristik pada usia yang berbeda
           
Kerugian :
            1. Hanya menggambarkan tipe            karakteristik, bukan proses
            2. Tidak dapat memperhhitungkan perbedaan individu
   3. Tidak memperhitungkan adanya perubahan kebudayaan / lingkungan yang dapat terjadi setiap saat.

b. Longitudinal : menggunakan kelompok anak yang sama pada satu jangka waktu tertentu.
            Keuntungan :
            1. Sampel sedikit
            2. Dapat menganalisa perkembangan anak
          3. Memberikan kesempatan untuk menganalisa efek lingkungan terhadap perubahan tingkah laku dan kepribadian.
            4. Dapat mempelajari peningkatan dalam pertumbuhan

            Kerugian :
1.   Biaya mahal
2.   Sampel susah dicari
3.   Waktu terlalu lama
4.   Memerlukan banyak peneliti yang kemungkinan memiliki pengalaman yang berbeda-beda.
5.   Data terlalu luas sehingga kadang-kadang sukar dipegang.

Metode Penelitian :
          Metode Observasi :pengumpulan data melalui pengamatan yang dilakukan secara sistematis
   Metode Eksperimen : Metode yang menggunakan independent variabel (variabel bebas) dan dependent variabel (variabel terikat)
     Metode Clinical Study : ditujukan kepada interaksi antara subjek dan pemeriksa (eksperimenter) dalam suatu relasi yang kontinu dan intensive.
          Metode Test Psikologi : digunakan test-test psikologi yang telah distandarisasikan.

Tujuan penggunaan metode penelitian
1.      Memperoleh data normatif
2.      Mencapai data sistematis
3.    Mencapai idiograghic data-data yang digunakan untuk melihat perbedaan individu yang tampil dalam satu kelompok.





No comments:

Post a Comment