Monday 4 July 2016

News : Introvert dan Ekstrovert, Mana yang unggul?

Gan, Sis. Kalian Introvert atau Ekstrovert nih? kalo ane sendiri si Introvert
Well, semua udah pada tau belum Introvert itu apa? Ekstrovert itu apa? mungkin gan, sis udah ada yang tau. tapi untuk yang belum tau ane jelasin sedikit lah yaaa. 

Introvert dan Ekstrovert merupakan salah satu

intro-extro
sumber : hrmonline.ca

kepribadian dalam teori big five factor, dimana introvert merupakana kepribadian tertutup, tidak suka keramaian, sulit diajak bercanda dan sikap tertutup lainnya.

Sedangkan ektrovert itu kebalikannya guys. Orang dengan kepribadian ini cenderung cerewet, suka kermaian, orangnya rame, demen becanda dan lainnya.

Bisakah orang introvert dan ekstrovert disatukan? Bisa pake lem, wkwk

Atau

Dengan ikatan pernikahan. eaaa

Coba sekarang bayangin, ada orang pacaran yang cewe introvert yang cowo ektrovert atau ditukar. otomatis yang introvert ga nyaman dengan keramaian yang ditimbulkan oleh ektrovert. ini si pengalaman ane wkwk

masalah bisa tidaknya orang introvert disatukan dengan orang ektrovert, ini balik lagi guys ke toeri gen dalam matkul faal. Biasanya orang itu CENDERUNG ngumpulnya sama yang setipe kepribadiannya. kalo lu introvet tapi kumpul sama orang ektrovert, puyeng iya lu yang ada.
Atau
Lo ektrovert tapi kumpul sama orang introvert, mati gaya serius. paling lu dikacangin.

Tapi inget ya, cuma cenderung kumpul sama yang setipe. jadi bukan berarti ga bisa kumpul

Oh iya topiknya ngelebar, hehehe
Jadi mana yang lebih unggul antara introvert dan ektrovert ?

Sedikit ane cerita. Plis ini penting

Saat kita masih berupa sperma yang sedang berjuang  mencari sel telur, lalu kita dapat mengalahkan jutaan sperma lainnya, bukankah kita unggul? ayolah guys, jutaan sperma itu ga sedikit

Saat kita terlahir ke dunia dengan mampu bernafas sedangkan banyak bayi yang sengaja digugurkan/keguguran, bukankah kita unggul? guys, coba googling berapa tingkat aborsi di negeri ini dari tahun ke tahun

Saat kita dapat berjalan dan memiliki IQ normal sedangkan ada di tengah-tengah masyarakat orang yang memiliki keterbelangan atau cacat fisik, bukankah kita unggul? 

Kalo kita sudah terlahir dan terbentuk oleh lingkungan menjadi orang dengan kepribadian introvert dan ekstrovert, kita mau apa? 

Kok kaya ceramah ya pas ane baca -_-a
Maapkeun

Ditiap kepribadian itu ada sisi unggulnya. mau lu introvert atau ektrovert kek.

Buat yang introvert, coba deh tingkatin kualitas diri lu dengan banyak baca, banyak ngasah skill, banyak ikut les sana-sini. yang nantinya itu bakal berharga buat lu. Saat lu ngelamar kerja trus nilai IPK lu tinggi, skill lu banyak, bisa apa aja. Gimana ga keterima sama perusahaan? paling lu repotnya buat cari link keperusahaan, karena temen lu biasanya itu-itu aja. Kalo bokap/keluarga lu ada yang jadi bos perusahaan ya bagus dah.
Trus kalo buka usaha gimana? paling lu repot buat dapetin temen yang juga mau buka usaha, temen lu kan itu-itu aja. wkwk

Tapi tetep bisa kok, biarpun temennya itu-itu aja. secara kuantitas kalian memang memiliki sedikit temen tapi secara kualitas biasanya temen kalian pada setia. Pengalaman gua yaaa

Buat yang ektrovert, tingkatin kuantitas temen lu. Banyakin temen disana-sini. jangan lupa buat tingkatin skill juga.  unggulnya lu itu di link bro, lu gampang nanya kerjaan/cari perusahaan buat kerja, lah temen lu kan banyak. kalo buka usaha sendiri? paling lu repot buat dapetin orang yang bisa dipercaya.

nah kesimpulannya. baik introvert dan ektrovert tidak ada yang lebih unggul jika mereka menyadari kepribadian mereka dan memanfaatkan kepribadian mereka untuk menuju keunnggulan itu, jadi selama lu sadar sama kepribadian lu sendiri dan memanfaatkan itu supaya lu bisa unggul, ga nutup kemungkinan lu bakal unggul.

inget guys, orang yang menyadari dirinya (high self awareness) bakal unggul tanpa pandang apa kepribadiannya.

No comments:

Post a Comment