Tuesday 21 June 2016

Psikologi Pendidikan: Pendidikan Anak Berbakat

Pengertian Anak Berbakat
Anak berbakat (gifted child) secara umum didefinisikan oleh Weinert & Waldan (1986) sebagai “...an interindividually variable system of cognitive factors whose present accessibility or development potential enables the individual to achive excellent performance in the solution of demanding
problems.” Yang berarti “sebuah sistem antar variabel individual dari faktor kognitif yang saat ini aksesibilitas atau pengembangan potensi memungkinkan individu untuk mencapai kinerja yang sangat baik dalam pemecahan masalah yang menuntut.”

anak berbakat

Definisi anak berbakat  menurut Renzuli (three rings conceptions) anak berbakat adalah anak yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata (IQ>= 130),  memiliki kreativitas di atas rata-rata, dan tas commitment (pengikatan diri pada tugas) sebagai motivasi internal.
Definisi anak berbakat berdasarkan rumusan hasil Seminar dan Lokakarya “Alternatif Program Pendidikan Anak Berbakat” ditegaskan bahwa anak berbakat ialah mereka yang oleh orang-orang profesional telah diidentifikasikan sebagai anak yang mampu mencapai prestasi yang tinggi karena mempunyai kemampuan-kemampuan yang unggul. Anak-anak tersebut memerlukan program pendidikan yang berdiferensiasi dan atau pelayanan di luar jangkauan program sekolah biasa agar dapat merealisasikan sumbangan mereka terhadap masyarakat maupun pengembangan diri sendiri. Kemampuan-kemampuan tersebut baik secara potensial maupun yang telah nyata, meliputi: kemampuan intelektual umum, kemampuan akademik khusus, kemampuan berfikir kreatif-produktif, kemampuan memimpin, kemampuan dalam salah satu bidang seni, dan kemampuan psikomotor seperti dalam olahraga. (Utami Munandar, 1995:41)
Pengertian tentang anak berbakat sangat luas sehingga masing-masing orang dapat membuat definisi yang berbeda. Untuk itulah pengertian anak berbakat sangat luas dalam program percepatan belajar yang dikembangkan pemerintah dibatasi dibatasi pada dua hal berikut :
·         Mereka yang mempunyai taraf intelegensi atau IQ diatas 140
·         Mereka yang oleh psikolog dan/ atau guru diidentifikasikan sebagai peserta didik yang telah mencapai prestasi yng memuaskan, dan memiliki kemampuan intelektual umum yang berfungsi pada taraf cerdas, dan keterikatan terhadap tugas yang tergolong baik serta kreativitas yang memadai.
Yang penting diketahui, definisi anak berbakat untuk program percepatan belajar tidak sama dengan definisi anak berbakat yang telah dikenal selama ini di Indonesia.

Definisi keberbakatan United States Office of Education tahun 1972 sebagai berikut : anak berbakat adalah mereka yang diidentifikasikan oleh orang-orang yang berkualifikasi profesional memiliki kemampuan luar biasa dan mampu berprestasi tinggi. Anak-anak ini membutuhkan program pendidikan yang terdiferensiasi dan atau pelayanan di luar jangkauan program sekolah reguler agar dapat merealisasikan kontribusi dirinya ataupun masyarakat.

Karakteristik Anak Berbakat

·        Intelllectual Giftedness
Karakteristik dan Kebutuhan
Kebanyakan dari kita mengetahui bahwa karakteristik dari intellectually gifted children berdaarkan dari IQ diatas 130 rata-rata 150). Terman menemukan dengan hal yang berkenaan untuk sekolah dan prestasi data disimpulkan sebagai berikut:
1.   Dibandingkan dengan kontrol, berbakat kurang kemungkinan untuk display negative sikap terhadap sekolah.

2.   Hampir setengah dari berbakat belajar membaca sebelum memulai sekolah (setidaknya 20 persen dipelajari sebelum usia lima tahun), dan paling terpelajar dengan instruksi formal sedikit atau tidak ada.

3.  Satu setengah dari anak berbakat dilaporkan oleh orang tua mereka untuk memiliki kemampuan unggul dalam aritmatik, dan satu - ketiga dilaporkan oleh orang tua mereka untuk memiliki kemampuan unggul dalam musik.

4. Yang berbakat dibuktikan kemampuan tinggi mereka pada usia dini, menunjukkan karakteristik seperti asire untuk belajar membaca, pemahaman yang cepat, rasa ingin tahu tak pernah puas, memiliki informasi yang ekstensif, memori superior, pidato awal, dan kosa kata unusuallyadvanced . Mereka juga tenda lebih suka bermain pasangan yang lebih tua dari diri mereka sendiri .

5.  Rata-rata anak giftrd scord 40 persen di atas tingkat harapan usia kronologis nya pada langkah-langkah pencapaian tetapi pada tingkat kelas hanya 14 persen di atas normal untuk usia kronologis nya . Dengan kata lain, berbakat tenda yang akan diselenggarakan penempatan ingrade pada tingkat dua tiga tahun di bawah tingkat penguasaan

6.  Berbakat cenderung unggul dalam semua bidang prestasi . Meskipun thry dipamerkan ketidakrataan dalam kemampuan , anak-anak dari kecerdasan rata-rata ditampilkan ketidakrataan serupa.

7.   Anak berbakat lebih tertarik daripada anak-anak yang tidak dipilih dalam mata pelajaran abstrak , seperti sastra dan drama , dan kurang tertarik pada pelajaran pragmatis , seperti tulisan tangan , menjahit , dan seni manual. Kedua kelompok dipamerkan permainan preferencefor sama dan olahraga .

8.      berbakat dinyatakan lebih kepentingan daripada anak-anak kontrol; satu dan tiga - perempat kali lebih banyak anak-anak berbakat sebagai anak-anak kontrol mulai koleksi , terutama di daerah yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan .

9.    Dibandingkan dengan kontrol , berbakat read more dan mencakup topik yang lebih luas, lebih memilih ilmu pengetahuan, sejarah , biografi , perjalanan , cerita rakyat , fiksi informasi , puisi , dan drama . Anak-anak berbakat kurang membaca petualangan , mysterty , dan fiksi emosional daripada kontrol .



Dari yang ditemukan oleh Terman dan rekan-rekan. Beberapa karakter sudah dikembangkan oleh Karnes and Associates tahun 1978 mengenai karakteristik dari intellectually gifted children. Karakteristik dapat disimpulkan sebagai berikut:
o   Penguasaan kosakata yang lebih maju dari umurnya
o   Ketertarikan sejak awal pada buku dan membaca
o   Kemampuan membaca; belajar membaca sendiri sejak umur yang lebih awal (2 atau 3 tahun)
o   Membaca secara mandiri. Lebih menyukai buku untuk level orang dewasa
o   Belajar cepat dan mudah mengingat informasi faktual
o   Persepsi cepat mengenai hubungan sebab-akibat
o   Tingginya rasa ingin tahu dibuktikan oleh banyak petanyaan "bagaimana" dan "mengapa"
o   Kenikmatan berada bersama anak-anak
o   Mengejar kepentingan dan mengumpulkan sesuatu (koleksi)
o   Rentang perhatian yang panjang untuk usia
o   Memaksakan diri untuk standar yang tinggi
o   Rasa humor dewasa untuk usia
o   Preferensi untuk pengalaman baru dan menantang
o   Retensi informasi
o   Tingginya tingkat perencanaan, pemecahan masalah dan pemikiran abstrak dibandingkan dengan rekan-rekan  sebaya
o   Kemampuan untuk menggeneralisasi cepat dari prinsip-prinsip dan mencari persamaan dan perbedaan
o   Memiliki sebuah gudang yang luar biasa besar mengenai informasi tentang berbagai topik
o   Kecenderungan untuk menjadi mudah bosan dengan tugas-tugas rutin
o   Kepedulian terhadap isu-isu etika, pertanyaan topik benar dan salah dan dewasa seperti agama dan politik
Intellectually gifted indivual menerima terhadap hal yang tidak biasa, tertarik pada pemecahan masalah dan sebab akibat hubungan, dan analisis kecakapan mungkin ada bersamaan dengan beberapa karakteristik negatif. Ini termasuk mudah tertipu, perfeksionisme, ketahanan terhadap otoritas, tidak begitu memerlukan detail, kesulitan dalam menerima tidak logis (seperti dalam cerita anak-anak dan acara berita), tidak menyukai rutinitas dan latihan, kebosanan dengan kurikulum reguler, ketidaksabaran dengan menunggu kelompok yang lebih besar dari rata-rata siswa untuk mengejar ketinggalan, kecenderungan untuk mendominasi diskusi, penolakan untuk berpartisipasi dalam kegiatan di mana mereka tidak unggul, dan sikap kritis terhadap orang lain. Mengingat kombinasi unik anak-anak ini kemampuan dan traits, program untuk berbakat intelektual harus mempertimbangkan kebutuhan anak-anak untuk (a) memperoleh informasi baru dan menantang, (b) mengejar kepentingan khusus, (c) memiliki kesempatan untuk mengkomunikasikan pengetahuan, (d) menerima sesuai (akselerasi), (e) terlibat dalam berpikir induktif dan pemecahan masalah, (f) 

menerapkan pengetahuan untuk masalah realistis, (g) belajar untuk menghormati perbedaan individu, (h) menetapkan tujuan yang realistis bagi diri mereka sendiri dan orang lain, dan (f) berurusan dengan isu-isu moral dan etika.

Academic Giftednes

Academic giftedness mengacu pada bakat khusus dalam bidang akademis tertentu , seperti sains , matematika , ilmu sosial , atau humaniora . Kebanyakan penyelidikan individu berbakat yang telah mencapai keunggulan dalam bidang akademis tertentu telah difokuskan pada bidang ilmu pengetahuan dan matematika . Roe mempelajari sejarah kehidupan dari dua puluh dua ilmuwan fisik terkemuka dicalonkan oleh rekan-rekan mereka . Dia mengidentifikasi pola-pola karakteristik sifat dari orang-orang , termasuk penyerapan mendalam dalam pekerjaan , mengemudi ketekunan dan rasa ingin tahu , kemandirian , dan swasembada . Sebagai anak-anak , para ilmuwan cenderung menjadi pembaca setia , untuk menikmati sekolah dan studyng , dan memiliki kepentingan dalam gadget dan perangkat keras . Roe juga digambarkan sebagai subyek telah menunjukkan kinerja tinggi, tapi tidak sangat tinggi , pada bakat dan kecerdasan tindakan . Keberhasilan karir mereka tampaknya lebih merupakan fungsi dari kerja keras daripada kecerahan yang melekat .
Berdasarkan beberapa penelitian , Taylor dan barron meringkas ciri-ciri ilmuwan kreatif termasuk otonomi yang tinggi dan self - direction , terpisah situasi yang menantang sosial , kekuatan ego yang tinggi dan stabilitas emosi , keinginan untuk presisi , kontrol impuls yang tinggi , kemandirian sebagai lawan untuk kesesuaian penghakiman , kecerdasan yang lebih tinggi , dan minat awal dalam kegiatan intelektual . Meneliti serupa studi biografi dan penilaian , Michael menyimpulkan bahwa para ilmuwan dan matematikawan terkemuka fisik untuk menjadi lebih menonjolkan diri , dominan , dan berjuang tetapi beberapa apa kurang berorientasi pada masalah kemanusiaan dan perlu untuk pesanan .
Sebuah studi retrospektif besar-besaran yang dilakukan oleh Bloom dan associaters nya menawarkan informasi terbaru dan komprehensif yang tersedia pada karakteristik orang di daerah bakat tertentu . Penyidik ​​mengidentifikasi sekitar 150 orang antara tujuh belas dan tiga puluh lima yang mencapai kelas dunia berdiri di salah satu dari enam bidang : konser piano , patung , matematika penelitian , penelitian neurologi , renang Olimpiade , dan tenis . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik dan pengaruh lingkungan yang memungkinkan individu-individu yang luar biasa untuk mencapai tingkat tinggi seperti prestasi . Informasi dikumpulkan melalui interviewa luas dengan individu-individu berbakat , orang tua mereka , dan beberapa guru yang luar biasa mereka.

Analisis Bloom (1982) data pada perenang Olimpiade , penelitian matematika , dan pianis konser menghasilkan tiga karakteristik umum untuk masing-masing kelompok . Karakteristik pertama adalah kesediaan biasa untuk mencurahkan banyak waktu dan usaha untuk mencapai standar yang tinggi . Karakteristik Tthis tidak dominan selama tahun-tahun awal (usia 5-8 ) tetapi menjadi semakin jelas setelah berprestasi telah menerima beberapa tahun instruksi . Karakteristik penting yang kedua adalah daya saing dengan rekan-rekan di bidang bakat dan tekad untuk melakukan yang terbaik seseorang . Ciri ketiga adalah kemampuan untuk cepat mempelajari teknik-teknik baru , ide-ide , dan proses dalam bidang bakat . Meskipun beberapa mata pelajaran yang ditampilkan belajar cepat di banyak daerah prestasi , bagi sebagian besar individu fasilitas ini dibatasi ke daerah bakat khusus mereka . Bloom menyatakan bahwa karakteristik ini mungkin dipengaruhi oleh sosialisasi awal di rumah dan dengan pelatihan awal dari guru .

Bloom mengidentifikasi empat charectristics khusus untuk penelitian methematicians - dua hadir sebelum usia delapan dan dua paling jelas selama masa remaja . Pertama , sebagai anak-anak ( dimulai pada usia tiga ) , mata pelajaran yang sering diajukan pertanyaan substantif orang tua dan orang dewasa lain dan kemudian memanfaatkan jawaban . Kedua , bahkan pada usia yang sangat muda , subjek sering terlibat dalam kegiatan soliter untuk jangka waktu yang lama . Awalnya kegiatan ini terlibat bermain dengan blok , mainan , dan teka-teki ; kemudian subyek lulus untuk proyek-proyek ilmu pengetahuan dan membaca . Sebagai Terman telah menemukan dalam mempelajari berbakat intelektual , Bloom menemukan bahwa beberapa dari mereka untuk bermain dengan teman sebaya . Orang tua melaporkan bahwa anak-anak ini sering melamun , merenungkan beberapa peristiwa .

Ketiga , sebagai remaja , subyek Bloom menunjukkan ukuran besar belajar mandiri yang diperoleh dari membaca buku-buku dan dari mengamati orang lain . Banyak pembelajaran mereka di bidang sains dan matematika di tingkat menengah yang berasal dari bekerja melalui buku sendiri . Banyak pelajaran dianggap kelas belajar sebagai tugas unenjoyable dan lebih suka belajar dengan membaca atau mengamati orang lain menyerang masalah . Keempat , pelajaran diidentifikasi sebagai luar biasa mampu dalam matematika dan sains selama tahun-tahun sekolah mereka . The methematicians penelitian tidak melaporkan yang beredar di kelas SD atau SMP , dan beberapa ingat telah memiliki kesulitan dalam membaca dan di daerah lain selama tahun-tahun awal sekolah mereka.

Ekstrapolasi dari temuan Bloom dan dari pengamatan peneliti lain , karakteristik individu berbakat dalam bidang akademik tertentu meliputi :
o Rentang perhatian yang panjang untuk kegiatan yang berkaitan dengan bidang akademis tertentu
o   Pemahaman lanjutan dari konsep, metode , dan terminologi dari bidang khusus
o Kemampuan untuk menerapkan konsep-konsep dari bidang khusus kegiatan dalam mata pelajaran lain
o   Kesediaan untuk mencurahkan banyak waktu dan usaha untuk mencapai standar yang tinggi dalam bidang akademik tertentu
o   Saing dalam bidang akademis tertentu dan motivasi untuk melakukan yang terbaik seseorang
o   Belajar cepat di bidang khusus

Karakteristik tambahan dapat terdaftar , tergantung pada bidang akademis tertentu di mana bakat diwujudkan . Sebagai contoh ; Bartz ( 1982) tercatat sejumlah ciri-ciri yang menggambarkan siswa berbakat bahasa , termasuk kemerdekaan fiels , toleransi terhadap ambiguitas , keterbukaan , pengambilan risiko , mencari aktif membuka peluang untuk menggunakan bahasa target , penyesuaian cepat ke bahasa target , perhatian untuk membentuk serta sebagai makna , empati , dan kemampuan untuk menebak . Berdasarkan survei guru - bahasa asing , Carlson (1981) mengembangkan daftar terpisah dari karakteristik siswa berbakat dalam belajar bahasa Prancis , Jerman , dan Spanyol .
Singkatnya, individu yang bakat dimanifestasikan dalam bidang akademis tertentu dapat dicirikan sebagai gigih dan diarahkan pada tujuan di bidang mereka . Mereka menunjukkan motivasi tinggi dan kekuatan konsentrasi di bidang minat mereka . Beberapa dari kekuatan yang sama individu bukti dalam berbagai bidang akademik ; lain tidak begitu baik bulat . Karakteristik positif mereka dapat disertai dengan resistensi ke dan kebencian terhadap gangguan , dengan keras kepala , dan dengan kurangnya minat dalam kegiatan sosial . Siswa berbakat dalam bidang akademik tertentu memerlukan kesempatan untuk ( a) memperoleh kompetensi dasar , kosa kata teknis , dan pengetahuan maju dalam fiel yang diberikan ; ( b ) berinteraksi dengan para pemimpin di lapangan ; ( c ) menerapkan pengetahuan mereka untuk masalah saat ini ; ( d ) mengkomunikasikan pengetahuan mereka ; dan (e) mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang akademik dan asosial lainnya.

·         Creative Giftedness
Characteristics and Needs
Individu yang sangat kreatif dapat didefinisikan sebagai mereka yang menunjukkan kemampuan yang kuat dalam menghasilkan ide-ide baru yang memiliki nilai potensial bagi masyarakat . Sebuah pola sifat sikap dan kepribadian yang berhubungan dengan kreativitas telah muncul dari penelitian membandingkan orang yang sangat kreatif untuk yang kurang kreatif . Sebuah tinjauan literatur menunjukkan bahwa para ilmuwan kreatif , arsitek dan mahasiswa seni cenderung memegang nilai-nilai teoritis dan estetika yang tinggi . Mengenai hubungan interpersonal, individu yang kreatif secara umum menunjukkan swasembada , lebih tertarik pada cita-cita dibandingkan orang , tidak tertarik pada kegiatan sosial , kemandirian , kurangnya inhibisi , dan ekstroversi rendah. Literatur juga menunjukkan pola umum persepsi dan kognisi antara individu-individu kreatif yang mencakup preferensi untuk kompleksitas , penilaian independen , ketahanan terhadap tekanan kelompok , humor dalam pergaulan bebas , ekspresi ide-ide yang tidak sesuai , kecenderungan untuk menjadi stimulus - stimulus bebas versus - terikat , dan pengambilan risiko tinggi .

Taft dan Gilchrist (1970 ) , menyelidiki kreativitas di kalangan seni dan arsitektur siswa , dibedakan antara sikap creatuve dan produksi kreatif . Sikap kreatif diukur dengan skala kepentingan yang kreatif , sedangkan produktivitas dinilai dengan peringkat kualitas dan kuantitas kegiatan kreatif yang dilaporkan sendiri . Para peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki sikap kreatif sendiri cenderung menunjukkan ekstroversi , antusiasme , cepat - wittedness , dan kepentingan teoritis dan akademis yang tinggi . Sebaliknya , produktivitas kreatif terkait dengan ciri-ciri seperti menjadi kacau dan tidak praktis , kurang dalam pengendalian diri , melamun , menggunakan imajinasi , yang ingin mundur dari realitas , dan memiliki partisipasi kurang emosional dalam lingkungan . Selain itu, produksi kreatif menunjukkan beberapa korelasi dengan ketidakbahagiaan di masa kecil dan dengan gangguan neurotik membutuhkan perhatian medis . Secara umum, Taft dan studi Gilchrist , serta studi lain menunjukkan bahwa anak-anak dengan potensi kreatif yang tinggi mungkin menunjukkan karakteristik sebagai berikut :
o   Keingintahuan
o   Kecenderungan untuk melakukan hal-hal dengan cara mereka sendiri
o   Preferensi untuk bekerja sendiri
o   Eksperimen dengan apa yang ada di tangan
o   imajinasi aktif
o   Kemampuan untuk memikirkan banyak cara untuk mencapai tujuan atau memecahkan suatu masalah
o   Kecenderungan untuk merespon dengan enexpected , pintar , atau pintar - alert jawaban
o   Produksi ide asli
o   Ekspresi tanpa hambatan apa mungkin noncomforming pendapat
o   Kepetualangan dan kemauan untuk mengambil risiko
o   Memiliki selera humor
o   Sensitivitas terhadap kecantikan
o   Nonconforminity dan kurangnya minat dalam detil
o   Kurangnya perhatian dengan penerimaan sosial

Cipta kreatif individu dan independensi dapat mengakibatkan kecenderungan untuk menolak diketahui , bersikeras untuk menciptakan untuk dirinya sendiri , untuk menahan tekanan terhadap kesesuaian, menjadi frustasi dengan tenggat waktu eksternal dikenakan , dan untuk terlibat dalam menolak atau perilaku memberontak . Perencana program harus mempertimbangkan kebutuhan siswa ini untuk dorongan dari upaya kreatif mereka, peluang untuk mengejar bakat mereka untuk tujuan sosial yang sesuai, dan bantuan dalam mengenali situasi di mana kesesuaian sosial yang berharga.

·         Leadership and Social Giftedness
Characteristics and needs
Meskipun banyak definisi yang ada , pemimpin telah dikonseptualisasikan dalam bidang pendidikan berbakat sebagai individu yang aktif memelihara dan mengubah proses sosial. Merancang daftar karakteristik menunjukkan potensi kepemimpinan menyajikan kesulitan karena pemimpin tidak dapat diidentifikasi secara terpisah ; status mereka sebagai pemimpin bergantung pada orang lain dalam konteks sosial . Satu dapat menjadi cerdas , mencapai , kreatif , artistik atau tanpa adanya orang lain karena karunia-karunia ini melekat dan umumnya stabil dari waktu ke waktu . Kepemimpinan adalah hubungan yang ada di antara anggota kelompok dan bukan status pasif atau asimple kombinasi sifat-sifat. Kepemimpinan bisa situasional tergantung . Seorang individu mungkin muncul sebagai pemimpin dalam kondisi stres ( misalnya , perang atau ancaman eksternal untuk kelompok ) dan mungkin kehilangan status kepemimpinan ketika kondisi telah kembali normal . Pemimpin mendapatkan status mereka dengan partisipasi aktif dan dengan menunjukkan kapasitas untuk melakukan tindakan sampai selesai .
Dalam kajian komprehensif tentang teori dan penelitian tentang kepemimpinan , Bass ( 1981) melaporkan beberapa temuan yang relevan dengan identifikasi potensi kepemimpinan . Pertama , karakteristik dan keterampilan yang dibutuhkan dari seorang pemimpin ditentukan oleh tuntutan situasi. Misalnya, kemampuan atletik dan kecakapan fisik adalah ciri-ciri dari pemimpin dalam geng anak laki-laki dan kelompok bermain . Namun, kecerdasan dan integritas adalah fitur yang menonjol dari pemimpin yang sangat baik dalam pemerintahan . Kedua , individu tidak menjadi pemimpin berdasarkan kepemilikan mereka dari sifat-sifat tertentu ; bukan , karakteristik mereka harus relevan dengan karakteristik , tujuan , dan kegiatan dari kelompok mereka untuk memimpin . Thurdm meskipun prediktor terbaik dari kepemimpinan adalah keberhasilan kepemimpinan sebelumnya , individu yang merupakan pemimpin dalam satu situasi belum tentu kepemimpinan tidak muncul sembarangan ; pola sifat dan kemampuan yang berbeda-beda karakteristik menunjukkan bahwa , dibandingkan dengan anggota lain dari kelompok, kepemimpinan cenderung lebih tinggi dalam kecerdasan , beasiswa , depentability , partisipasi sosial , inisiatif socialibilityb , ketekunan , mengetahui bagaimana untuk mendapatkan sesuatu dicapai , percaya diri , wawasan situasi , kegotong-royongan , popularitas, kemampuan beradaptasi , dan fasilitas verbal.

Kepemimpinan dapat dianggap sebagai bentuk khusus dari bakat sosial . Meskipun tidak secara khusus diakui oleh definisi undangkan bakat , bakat sosial merupakan sumber daya yang setidaknya sama pentingnya dengan bakat ilmiah atau intelektual . Individu-individu berbakat sosial adalah mereka yang memiliki kapasitas luar biasa untuk dewasa , hubungan yang produktif dengan orang lain. Orang-orang seperti menunjukkan kesadaran sosial yang matang dan etika . Mereka membantu meningkatkan hubungan sosial antara orang-orang dengan mendorong persepsi yang lebih realistis dan simpatik dari satu sama lain dan dengan merangsang perilaku positif .

Jarecky ( 1959) menyelidiki bakat sosial saya sederhana menengah - ke - remaja kelas menengah atas ( usia 13-15 ) . Ia menemukan bahwa mereka yang ditunjuk berbakat sosial oleh baterai qquestionnaires sociometric , peringkat guru , dan skala perilaku adaptif yang ditandai dengan sepuluh ciri :
1.      Daya tarik fisik dan kerapian penampilan
2.      Penerimaan oleh mayoritas rekan-rekan dan orang dewasa
3.      Keterlibatan di beberapa perusahaan sosial yang mereka berkontribusi secara positif dan konstruktif
4.      Kecenderungan untuk dipandang sebagai arbiter dan pembuat kebijakan oleh rekan-rekan
5.      Hubungan
6.      Egaliter daripada tulus , buatan , ora menggurui dengan teman sebaya dan orang dewasa
7.      Perilaku Nondefensive dan kurangnya façade
8.      Bebas dari ketegangan emosional dan expressin emosional gratis tapi relevan
9.      Kemampuan untuk mempertahankan hubungan abadi dengan teman sebaya dan orang dewasa , dengan tidak ada pergantian cepat dalam persahabatan
10.  Kemampuan untuk merangsang perilaku produktif pada orang lain
11.  Kapasitas yang tidak biasa untuk menghadapi situasi sosial dengan kecerdasan , humor , dan wawasan .
Sebuah daftar karakteristik yang dapat menunjukkan potensi kepemimpinan dan bakat sosial pada anak usia sekolah adalah sebagai berikut:
o   keterlibatan Sering di beberapa perusahaan sosial , memberikan kontribusi secara aktif dan positif untuk itu
o   Popularitas antara rekan-rekan
o   interaksi Mudah dengan anak-anak dan orang dewasa
o   Kecenderungan untuk beradaptasi dengan mudah terhadap situasi baru
o   Kecenderungan untuk mendominasi orang lain dan kegiatan langsung
o   Kecenderungan untuk dilihat oleh orang lain untuk ide-ide dan keputusan
o   Kecenderungan untuk dipilih pertama oleh rekan-rekan
o   Kemampuan untuk cary tanggung jawab dengan baik dan bisa diandalkan
o   Pengetahuan tentang bagaimana untuk menyelesaikan sesuatu
o   Kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan baik
o   Kenikmatan berada di sekitar orang lain
o   Kemampuan untuk merangsang perilaku positif pada orang lain

Anak-anak dengan potensi kepemimpinan yang tinggi juga dapat menampilkan kebutuhan untuk sukses dan pengakuan , kerentanan terhadap penolakan , dan frustrasi dengan aktivitas dan kurangnya kemajuan menuju tujuan yang diinginkan. Berdasarkan karakteristik dan kebutuhan masyarakat modern, kebutuhan pendidikan calon pemimpin termasuk peluang untuk interaksi kelompok, dorongan dalam belajar menjadi pengikut efektif serta pemimpin, pengalaman dalam menetapkan tujuan realistis , bimbingan dalam memahami pendekatan alternatif untuk pencapaian tujuan , membantu dalam menjelaskan nilai pribadi dan prioritas , membantu dalam belajar untuk bekerja dengan individu yang memiliki nilai yang berbeda , membantu dalam memperoleh kesadaran sifat kompleks dan interdisipliner masalah manusia , dan membantu dalam memperoleh penghargaan untuk perbedaan individu dan nilai kehidupan manusia.

·         Giftedness in the Visual and Performing Arts
Characteristics and Needs
Sebagian besar pekerjaan yang dilakukan pada karakteristik individu-individu berbakat dalam seni telah retrospektif di alam - yang telah diperiksa berkorelasi biografi mata pelajaran yang tinggi - usia sekolah atau yang lebih tua yang telah diidentifikasi sebagai kreatif dalam bidang seni . Schaefer dan Anastasi ( 1968) dibandingkan kreatif - artistik ( kuat dalam seni grafis dan ekspresi sastra ) dan kreatif ilmiah ( yang kuat dalam sains dan matematika ) anak-anak sekolah tinggi dengan kontrol cocok untuk sekolah yang didatangi , kelas , dan nilai rata-rata . Siswa diidentifikasi untuk kelompok-kelompok ini berdasarkan nominasi guru dan skor pada ukuran kreativitas . Semua siswa menyelesaikan inventarisasi biografi yang meliputi karakteristik fisik , riwayat keluarga, riwayat pendidikan , kegiatan waktu luang , dan barang-barang miscellancous . Schaefer dan Anastasi menemukan bahwa , dibandingkan dengan kontrol , siswa kreatif dalam ilmu pengetahuan dan seni lebih mungkin bukti antusiasme meresap dan melanjutkan untuk memilih bidang , ketunggalan Kegunaannya dalam mengejar ofe lapangan , kepemilikan peralatan lapangan terkait , keanggotaan dalam fiel - organisasi terkait di luar sekolah , minat yang luas , dan drive kuat terhadap hal-hal baru dan keragaman . Para siswa crative melaporkan penciptaan lebih sering game baru , produk mekanik atau elektronik , puisi, cerita , atau produk seni lainnya ; penerimaan penghargaan lebih banyak di bidang sepecial mereka di luar sekolah ; bunga kurang dalam olahraga ; membaca lebih banyak bunga ; lebih dan tidak biasa hobi dan koleksi ( misalnya , tanda-tanda jalan dan jaring laba-laba ) ; dan preferensi untuk kedua teman yang lebih tua dan lebih muda . Sebagai anak-anak , siswa kreatif - artistik lebih mungkin dibandingkan kontrol mereka untuk melamun , memiliki sahabat imajiner , memiliki pengalaman yang tidak biasa ( misalnya , perjalanan ) dan memiliki kemampuan yang tidak biasa ( misalnya , memori eidetic) . Anastasi dan Schaefer ( 1969) investigasi kreativitas seni dan sastra di gadis-gadis SMA ditemukan dasarnya karakteristik sam sebagai pekerjaan mereka sebelumnya telah ditemukan untuk anak laki-laki kreatif
Berikut ini daftar yang menjadi ciri anak dengan potensi bakat di bidang musik , seni , dan drama disintesis dari karya Bloom ( 1982 ) , Chetelat ( 1976 , dan Szekely ( 1981 ).

Anak-anak yang berpotensi berbakat di bidang musik cenderung menunjukkan perilaku dan sikap berikut:
  1. Menciptakan lagu
  2.  Nikmati dan mencari kegiatan musik dan kesempatan untuk mendengar dan menciptakan musik
  3.  Menanggapi sensitif terhadap musik dan menggerakkan tubuh sesuai dengan tempo dan perubahan mood
  4. Mudah mengingat dan mereproduksi melodi dan pola ritme
  5. Memilih dan mendiskusikan suara latar belakang , chords , dan masing-masing instrumen yang dimainkan
  6.  Memainkan alat musik atau mengungkapkan keinginan yang kuat untuk melakukannya
  7.   Memiliki pitch yang sempurna

Anak-anak yang berpotensi berbakat dalam seni cenderung menunjukkan perilaku dan sikap sebagai berikut :
  1.          Isi perpanjangan waktu dengan menggambar , melukis atau kegiatan seni lainnya
  2.          Menunjukkan imajinasi yang luar biasa
  3.          Menggambar berbagai hal - bukan hanya orang-orang , rumah , dan bunga
  4.          Ingatlah hal-hal secara rinci
  5.          Ambil kegiatan seni serius dan mendapatkan kepuasan dari mereka
  6.          Memiliki perhatian yang panjang rentang untuk kegiatan seni
  7.          Rencanakan komposisi karya seni
  8.          Rela mencoba media yang berbeda , bahan , dan teknik
  9.          Tiba di solusi unik untuk masalah artistik
  10.          Menghasilkan karya yang sangat asli dengan gaya khas , keseimbangan , dan kesatuan
  11.          Pengembangan
  12.          Menunjukkan percepatan keterampilan teknis dalam seni
  13.          Tampilkan kemahiran di mewakili gerakan
  14.          Meminta penjelasan dan instruksi
  15.          Menanggapi mata pelajaran yang tidak biasa dalam seni
  16.          pengamat tajam dunia di sekitar mereka
  17.        Mengatur standars tinggi kualitas dan pengerjaan ulang kreasi mereka untuk mencapai standar-standar ini
  18.   Tampilkan minat pada produk anak-anak lain dengan menghabiskan waktu belajar dan mendiskusikannya
  19.     Anak-anak yang berpotensi berbakat dalam drama cenderung menunjukkan perilaku dan sikap sebagai berikut :
  20.          Tampilkan minat dalam kegiatan yang dramatis dan relawan untuk drama dan sandiwara
  21.           Mudah berhubungan cerita dengan penggunaan yang efektif dari gerak tubuh dan ekspresi wajah
  22.          Mahir bermain peran, berimprovisasi, dan meniru orang lain
  23.       Mampu membangkitkan respon emosional dari pendengar, seperti tertawa atau mengerutkan kening, dan menarik perhatian kelompok
  24.          Menangani tubuh mereka dengan mudah dan ketenangan
  25.         Menciptakan permainan
  26.     Memaksimalkan efek dengan waktu yang baik dan menciptakan ketegangan

No comments:

Post a Comment